Awas, Minum Kopi Bisa Menyebabkan Kemandulan

Awas, Minum Kopi Bisa Menyebabkan Kemandulan - Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari menkonsumsi kopi, seperti misalnya membuat kita mood dan membangkitkan kinerja untuk bekerja. Sayangnya, dari sekian banyak manfaat yang bisa didapat, minum kopi bagi wanita juga memiliki efek samping yang berbahaya, salah satunya adalah membuat wanita sulit hamil.



Beberapa penelitan telah mengonfirmasi hal tersebut. Menkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kemandulan pada wanita.

British Journal of Farmakologi telah mempublikasikan bahwa stimulan kafein yang terdapat dalam kopi bisa merusak transportasi telur dari ovarium ke rahim sehingga menyebabkan kemandulan. Penelitian tersebut melibatkan 9000 wanita Belanda yang menkonsumsi kopi lebih dari empat cangkir sehari menyebabkan penurunan kesuburan sekitar 25 persen.

Studi baru yang dilakukan oleh British Journal of Farmakologi pun menjawab misteri ini, para ilmuwan melakukan uji coba pada tikus dan menunjukkan bahwa kafein akan menghambat kontraksi saluran telur yang diperlukan untuk membawa sel telur ke rahim.

Stimulan seperti kafein dapat mengaktifkan sel-sel alat pacu jandung di dinding tabung. Sel-sel yang mengkoordinasikan kontraksi dari tabung yang menggerakkan sel telur ke dalam rahim. Penelitian ini menunjukkan bahwa kontraksi berperan dalam pengangkutan sel telur.

"Temuan ini menjelaskan mengapa kafein dapat menyebabkan kemandulan pada wanita, penelitian ini memberikan penjelasan menarik mengapa wanita dengan konsumsi kafein yang tinggi lebih sulit hamil kteimbang wanita yang tidak menkonsumsi kafein." ujar pemimpin studi Profesor Sean War, Universitas Nevada, Amerika Serikat.

Bahaya Minum Kopi bagi Wanita Hamil



BMC Medicine menerbiatkan sebuah jurnal yang menyebutkan bahwa menkonsumsi kafein selama masa kehamilan beresiko menurunkan berat badan bayu dan membuat kehamilan berkepanjangan.

Peneliti BMC menyimpulkan studi tersebut setelah meneliti 60.000 kehamilan dari berbagai wanita selama 10 tahun. Para peneliti menyebutkan bahwa berat badan bayi dapat menyusut hingga 28 gram untuk setiap 100 mg kopi yang dikonsumsi sang ibu selama kehamilan.

Begitu juga dengan usia kehamilan yang menjadi lebih lama sekitar 5 jam setiap kali 100 mg kopi yang diminum setiap hari. Berdasarkan data tersebut, para peneliti menganjutrkan wanita hamil untuk menghindari konsumsi kopi selama masa kehamilan karena berpotensi membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

Penelitian serupa juga dilakukan oleh babycentre.com yang mempublikasikan bahwa resiko kematian bayi setelah kelahiran meningkat menjadi dua kali lipat pada ibu hamil yang rutin menkonsumsi kopi lebih dari delapan gelas sehari.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa ibu hamil yang menkonsumsi sebanyak 500 mg kafein tiap hari akan menyebabkan bayi yang dilahir memiliki detak jantung yang lemah dan pernafasan yang lebih cepat.

Bagi wanita yang ingin cepat hamil sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan berhenti meminum kopi karena kafein yang ada di dalamnya bersifat stimulan yang mengakibatkan meningkatnya detak jantung, peningkatan tekanan darah, dan pada wanita hamil menyebabkan insomnia, gelisah, dan sekresi asam lambung.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kopi adalah salah satu penyebab kemandulan pada wanita jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »